Selasa, 22 Februari 2011

Contoh Logika dalam membuat program dengan kondisi Select Case dalam QBASIC



LOGIKA DALAM MEMBUAT PROGRAM DENGAN KONDISI SELECT CASE DALAM QBASIC
Berikan perintah CLS, untuk membersihkan layar.
Berikan perintah Dim pil, luas, alas, tinggi, panjang, lebar, sisi AS INTEGER maksudnya Dim untuk memberikan nilai pada sebuah variable. Pil, luas, alas, tinggi, panjang, lebar dan sisi merupakan nama variable. Dan INTEGER adalah untuk type bilangan bulat.
Berikan perintah PRINT “-------------Menu---------------“, “----1.Luas segitiga----”, “----2. Luas persegi----“, “----3. Luas persegi panjang----“. Untuk mencetak.
Berikan perintah INPUT “Masukan pilihan :”; pil, maksudnya kita akan masukan kalimat yang diakhiri dengan sebuah variable.
Berikan perintah SELECT CASE pil, maksudnya kita akan mengetes kondisi pada variable pil.
Dalam CASE 1 kita buat Luas segitiga yang terdiri dari INPUT “Masukan alas”, “Masukan tinggi”yang kemudian diakhiri dengan variable masing-masing. Lalu masukan rumus yaitu luas = alas * tinggi / 2 dan berikan perintah PRINT “luas segitiga :”; luas untuk hasil yang akan ditampilkan dan diakhiri dengan variable luas.
Dalam CASE 2 kita buat Luas persegi yang terdiri dari INPUT “masukan sisi :”; sisi, untuk memasukan kalimat tersebut dan diakhiri dengan variable sisi. Lalu masukan rumus yaitu luas = sisi * sisi, dan berikan perintah PRINT “Luas persegi :”; luas untuk mencetak hasil dari rumus yang kita buat.
Dalam CASE 3 kita buat Luas persegi panjang yang terdiri dari INPUT “Masukan panjang”, “Masukan lebar”yang sama-sama diakhiri variable masing-masing. Lalu masukan rumus yaitu luas = panjang * lebar dan berikan perintah PRINT “Luas persegi panjang :”; luas untuk mencetak hasil dari rumus yang kita buat.
Berikan perintah END SELECT, untuk mengakhiri suatu kondisi select.
Berikan perintah END, untuk mengakhiri suatu program

1. Output yang pertama, lalu kita pilih 1 untuk mengetahui luas segitiga.

2. Output yang kedua, lalu kita masukan angka 2 untuk mengetahui luas dari persegi.

3. Output yang ketiga, kita masukan angka 3 untuk mengetahui luas dari persegi panjang.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes