Senin, 15 November 2010

Blog itu apa sih ????

Dilihat dari sejarahnya Blog adalah kependekan dari Weblog. Istilah ini digunakan pertama kali oleh Jhon Barger pada bulan Desember 1997. Blog pertama kali dibuat menggunakan browser mosaic, yaitu program browsing sebelum Internet Explorer dan Netscape terbuat. Pada awalnya, bolg merupakan website pribadi yang selalu di-update secara rutin yang berisi daftar link ke website lain yang dianggapnya menarik.
Pada tahun 1998 blog mulai menampakkan perkembangan, sampai saat ini terdapat beberapa penyedia blog gratis yang dapat dibuat sendiri seperti Blogger, Movable Type dan Wordpress.
Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas lembaga pendidikan non formal rame-rame membuat blog yang berisi materi-materi yang terdapat dalam lembaga-lembaga tersebut. Kemudian peserta didiknya diberi kemudahan akses melalui fasilitas member dalam blog tersebut dan melakukan aktifitas-aktifitas pada saat online seperti memberi komentar, berbagi informasi, berpendapat, serta menumpahkan kebingungannya dalam menerima materi sehingga terjadi proses belajar mengajar tanpa dibatasi. Kebanyakan seseorang yang melakukan blogging hanya didasarkan pada hal-hal sepele seperti penasaran, iseng, coba-coba, ikutan trend dan lain sebagainya. Namun tidak sedikit dari mereka yang kecanduan ngeblog sampai merasa dunianya di situ, tidak ingin berpisah, stress pada saat mati lampu, marah-marah karena bandwidth-nya terganggu dan banyak lagi ekspresi yang dikeluarkan ketika aktivitas blognya terganggu. Apa sebenarnya yang menjadikan seseorang seperti demikian ? Karena blog merupakan sarana komunikasi tanpa batas. Seluruh ide manusia di segala penjuru bumi ditumpahkan disana, tak terkecuali dari segala lapisan kapasitas keilmuan yang dimilikinya. Di lain sisi, sifat manusia yang selalu ingin tahu menjadikannya betah berlama-lama duduk didepan komputer. Apabila kita surfing ke internet, banyak kita jumpai iklan yang menawarkan software atau link yang menggiurkan. kebanyakan iklan tersebut menawarkan penghasilan 300ribu - 500ribu per hari dengan kisaran modal 50ribu - 200ribu. Mengapa demikian ? Itulah yang disebut dengan bisnis online. Bisnis online tidak hanya menawarkan barang atau jasa yang kita pesan disaat kita butuhkan, akan tetapi dalam dunia maya kita juga bisa jual beli uang. Untuk menjamin validitas bisnis tersebut dan pengembangan sayap jaringan, terkadang beberapa komunitas bisnis online ini membentuk pelatihan secara langsung sehingga setiap orang yang ingin menjadi anggota tidak was-was atau khawatir ditipu. Disinilah letak kekuatan blog yang digunakan oleh sebagian orang untuk mengiklankan jasa tersebut. Semakin menarik dan beragam informasi yang disajikan semakin banyak pengguna internet yang mengunjunginya, dan mengiklankan bisnis online tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes