Rabu, 25 Juni 2014

RECALL PRODUK PT. XYZ (ETIKA PROFESI)



Studi kasus
PT. XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif, perusahaan tersebut membuat sepeda motor jenis bebek. Pada awalnya perusahaan tersebut tidak ada masalah dalam pembuatan sepeda motor, namun pada suatu ketika terjadi insiden mesin dari sepeda motor yang diproduksi PT. XYZ terlepas dari rangka motor. Insiden tersebut terjadi saat sepeda motor sedang terparkir dan tidak ada korban dalam insiden tersebut.


Tindakan langsung
PT. XYZ langsung melakukan penarikan seluruh sepeda motor yang mereka produksi untuk menghindari terjadinya insiden serupa dan penarikan ini dilakukan untuk mencegah adanya korban jiwa. Kegiatan produksi pun dihentikan untuk menganalisis penyebab dari lepasnya mesin dari rangka motor.


Analisis Permasalahan
Setelah melakukan analisis, akhirnya diketahui penyebab dari mesin terlepas dari rangkanya adalah karena hasil pengelasan pada bracket engine tidak terjadi peneterasi. Maksudnya adalah pengelasan antara kedua material pada bracket engine tidak menempel sehingga saat bracket engine tersebut menerima beban yang cukup besar mengalami lasan terlepas. Setelah diketahui penyebabnya, PT. XYZ langsung melakukan pengecekan terhadap bracket engine yang berada di PT dan melakukan pemanggilan terhadap supplier dari bracket engine tersebut. Ternyata stok bracket engine yang berada di PT. XYZ keadaannya sama yaitu hasil pengelasan tidak ada peneterasi, akhirnya PT. XYZ melalukan tindakan tegas terhadap supplier dari bracket engine PT. BDK dengan memberikan pinalti. PT. BDK mengaku kesulitan melakukan pengecekan karena produktivitas yang sangat tinggi pada saat itu sehingga PT. BDK hanya mengutamakan output dibandingkan quality.

 Gambar (c) Tidak ada peneterasi

Kerugian
Akibat dari kejadian ini PT. XYZ harus menarik sepeda motor kurang lebih 20.000 unit dan harus dihancurkan karena dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan, tidak disebutkan nominal kerugian dari kejadian ini karena termasuk rahasia perusahaan. Kerugian tersebut sepenuhnya ditanggung oleh PT. BDK selaku supplier dari bracket engine.


Tindakan Perbaikan
PT. XYZ melakukan trainning jenis defect pada pengelasan terhadap PT. BDK karena pengelasan merupakan proses yang paling vital dalam pembuatan rangka sepeda motor. Selain melakukan trainning, PT. XYZ menambah satu supplier untuk mengurangi supply bracket engine dari PT. BDK yang pada saat itu kesulitan untuk memenuhi permintaan yang sangat tinggi dengan kualitas yang tidak dikurangi. Kedua supplier setiap 6 bulan dilakukan trainning rutin di PT. XYZ untuk mencegah kejadian yang serupa terulang kembali.  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes